Rabu, 27 Maret 2013

Transportasi Menuju Tanjung Bira

Sebenernya saya amat sangat jarang nulis guidance kayak gini. Tapi berhubung kemarin sudah diberi berbagai macam kemudahan, maka saya janji pada diri sendiri untuk sharing tentang transportasi menuju Tanjung Bira dari Makassar. Saat berencana menuju tempat ini, tentu saya sudah riset lokasi dan sebagainya, hanya saja, informasi yang saya butuhkan belum ada atau masih setengah-setengah. Jadi, semoga ini bisa membantu teman-teman yang ingin vakansi ke kaki Sulawesi. :)

Kalau ditilik dari gugelmep, Tanjung Bira dan pusat kota Makassar hanya berjarak tak lebih dari 200 km. Ya kira-kira makan waktu 4 jam. Nah perjalanan via darat bisa menggunakan dua pilihan. Rental mobil atau pakai angkutan umum. Dari info salah seorang teman baru di Bira yang menggunakan opsi pertama, dia berujar bahwa tarif sewa mobil dari Terminal Mallengkeri ke Bira sebesar 300.000 rupiah. Itu pun deal setelah tawar-menawar. 

Yang kedua, pakai angkutan umum. Ini ada dua pilihan lagi. Pakai mobil berplat kuning atau bus menuju Selayar. Yang paling banyak di-share di blog-blog perjalanan adalah mobil berplat kuning.   Mobil ini biasanya bermerk Avanza atau Panther atau Kijang. Banyak berjejer di Terminal Mallengkeri. Nah, ini pun juga harus pinter-pinter nawar. Apalagi kalau si mas sopir paham betul bahwa kita bukan orang lokal. Biasanya sih harganya dinaekin :p Kisaran sih antara 30-50 ribu rupiah. Sayangnya, mobil-mobil ini baru berangkat setelah penumpang penuh, atau bahkan overload, menurut saya. Ya bayangkan, normalnya kan mobil seperti itu diisi 8 orang termasuk sopir ya? Nah, kalau yang ini biasanya nyampe 10 orang penumpang doang. Ngetem nunggu penumpang bisa berjam-jam sendiri. Belum di jalan juga pake acara berhenti-berhenti (katanya). Kalau dari Makassar jam 9 pagi bisa jadi nyampe Bira jam 5 sore. 

Petugas resepsionis hotel tempat saya menginap di Makassar juga bercerita, "saya terlalu siang ke Mallengkeri. Hanya ada satu Kijang saja, kena tarif 150.000 ke Bira." Jadi kalau memutuskan pakai mobil plat kuning, usahakan datang pagi-pagi ke Mallengkeri. Oh iya, umumnya mobil plat kuning ngga sampe Bira, mereka hanya berhenti di Bulukumba. Lalu kita harus oper pakai pete-pete (angkutan dalam kota) untuk ke Bira. Udah deket sih antara Bulukumba dan Bira, paling 30 menit sampai 1 jam lah tergantung kebaikan sopir pete-pete untuk ngga ngetem lama-lama hehe... Ya kalau beruntung, katanya sih ada juga kok mobil plat kuning yang nyampe Bira. Jadi jangan lupa bertanya ya sebelum ngarep yang iya-iya :)

Oke, kalau saya sendiri, pakai moda transportasi bus ke Selayar. Ada tiga perusahaan otobus yang melayani rute Makassar - Selayar; Mahkota, Sumber Mas, satu lagi maaf saya lupa hehe... Berangkatnya semua jam 09.00 pagi dari Terminal Mallengkeri. Rute yang saya tempuh minggu lalu (22 Maret 2013) dari hotel di Jalan Jampea ke Karebosi jalan kaki, lumayan jauuuh :)) terus sampe nemuin pete-pete warna merah yang lewat Mallengkeri. Yap, ini pete-pete lewat doang, ga nge-pool di terminal Mallengkeri, jadinya karena keasyikan ngobrol, kebablas lah saya dan si temen. Kudu balik arah naik bentor 15.000, fufufu... Tarif pete-petenya sih cuman 3000 per orang. Tapi lambreta bo, sopirnya doyan ngetem. Kalau waktunya terlalu mepet, mending naik taksi deh.

Dari Terminal Mallengkeri jangan kaget kalau udah banyak calo menanti. Tapi ngga seberingas di Ubung sih :p Kalau ditanya mau kemana, bilang aja ke Selayar, ngga apa-apa mereka ngga nggigit. Ntar pasti ditunjukin tempat bus Selayar yang lagi parkir jejer-jejer. Nah, waktu itu, saya milih Mahkota. Kayaknya sih baik Mahkota maupun Sumber Mas sama-sama bagus dan bersih kok. Untuk turun Bira, tarifnya 70.000 per orang. Udah dapet kursi empuk dan AC, plus sealbum lagu-lagu Wali lewat layar LCD. 

Kenapa pake bus? Pertimbangan saya adalah waktu. Kalau saya dua minggu di Sulawesi Selatan sih nyantai aja kali ya. Tapi ini terbatas hanya 4 hari. Ke Tanjung Bira pun hanya ada waktu 2 hari saja. Bus ke Selayar pasti berangkat tepat waktu, karena mereka kan ngejar kapal yang bakal nyebrang ke Selayar. Waktu itu, bus yang saya tumpangi berangkat setelah Sumber Mas. Jadi ya kira-kira pukul 09.15 lah. Busnya enak dan nyaman. Pak sopir juga asik nyopirnya. Oya, jangan kaget kalau tiba-tiba bus berhenti di pinggir jalan raya Takalar (eh atau Talakar ya?). Ini tuh udah tradisi, ngasih waktu penumpang buat beli jagung rebus biar ngga kelaperan di jalan. Saya ikutan beli hehe, jagungnya kecil paling 15 senti, plus bulirnya banyak yang hilang entah kemana, warnanya kuning pucat hampir mirip putih mutiara. Tapi enak :9

Ngga lama kok, abis itu bus jalan lagi... Sampai Bantaeng bus berhenti dan di sini dipersilahkan buat makan siang bagi yang laper. Tentu saja tarifnya ngga included lunch ya. Bayar sendiri lah :) Kenyang makan, perjalanan lanjut lagi hingga sampai ke Pelabuhan Bira pukul 14.30. Dari sini, yang mau ke Bira harus turun dong. Yaiya dong ya, masak mo lanjut Selayar. Ya ngga ngelarang juga sih, tapi tarifnya kan beda... *dibahas*

Kemarin sih dari pelabuhan saya dan si teman memutuskan jalan kaki ke arah guesthouse di wilayah pantai pasir putih. Ternyata jauuuuhh hahaha... Hampir dua kilo deh itu kayaknya. Kalau udah terlalu siang, emang jarang banget ada pete-pete lewat. Kalau ada ojek dan ngga kuat jalan mending ngojek aja. Kalau pengen ngelemesin kaki sambil liat-liat suasana kampung, mending jalan santai :) Tapi biasanya sih jam segitu, Bira lagi panas-panasnya.

Untuk transportasi pulang menuju Makassar lagi, saya pake moda yang sama. Kita cukup menunggu datangnya kapal dari Selayar di Pelabuhan Bira dan langsung naik deh kalau ada bus ke Makassar. Karena saya, udah terlanjur nyaman sama si Mahkota, ya akhirnya pake bus yang sama dengan sopir yang sama pula. Stand by lah di pelabuhan jam 10 pagi. Kalau mau pake mobil plat kuning, bisa juga kok. Bisa dari Bira, yang mungkin kebetulan ada warga mo ke Makassar pagi-pagi, atau naik pete-pete dulu ke Terminal Bulukumba. 

Oke, sekian, semoga bermanfaat :)

Menutup hari di Bira :)

14 komentar:

  1. aceeeem dadi mupeng! hahahaa kamu ke tempat pembuatan phinisi ya brarti mbak?


    kinkin males login

    BalasHapus
  2. Halo Mba Dwi, nice and informative post, salam kenal ya. Bolehkah minta contact emailnya? Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga...
      Bisa email di:
      dwiputrirats@gmail.com

      :)

      Hapus
  3. wah lengkap informasinya ...
    Untuk transportasi Rental Mobil, reservasi hotel,sewa perahu contact 085342633633 atau email sulawesirentcar@gmail.com salam
    Rental Mobil Makassar

    BalasHapus
  4. Hi, boleh minta rekomendasi penginapan dan rate di Tj, Bira nggak ya? Artikelnya sangat lengkap dan membantu. Terima kasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga, saya nginep di Sunshine Guesthouse, soalnya viewnya paling asik, 125rb per malem, kamar mandi luar semua.. Kalo mau yg bungalow gitu banyak kok disekitar sana.

      Hapus
  5. hai mbak, informasinya menarik sekali.. kalo mau nginap di sunshine guesthouse harus booking dulu gak ya? takut kehabisan jauh2 sampe sana malah gigit jari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga, aku sih langsung on the spot, mungkin karena bukan high season ya, jadi santai2 aja gitu :)

      Hapus
  6. Hai salam kenal mb...kl rental mbl ke bira yg katanya 300RB aja itu pny CPnya nggak ya?hehe...trims

    BalasHapus
  7. wah terima kasih mba Dwi informasinya, akhir november ini saya dan kawan2 ber4 ada rencana mau ke Bira, untuk akses ke Bira kalo baca di blog2 susah sudah gampang, semoga nanti saya di permudah buat ke Bira nya :) oiya mba, untuk balik ke Makassar baik mobil plat kuning atau bis dari selayar ada yang malam hari ga? sore atau malam gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ngga ada angkot/ bis kalo malem, Mas.. jam 2 siang aja udah sepi banget di Bira. Jadi amannya, pagi aja nyari angkot :)

      Hapus
  8. Infonya membantu bngt, rencana ke sana terusin ke selayar sama Taka Bone tahun depan masih cari info lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk info tanjung bira dan takabonerate contact kami .085342633633 charter boat sewa hotel,resort,info trip dll

      Hapus